BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

Rabu, 04 Juni 2014

BAHASA INGRRIS


 
TOEFL adalah standardisasi kemampuan bahasa inggris seseorang secara tertulis yang meliputi empat aspek penguasaan: Listening, Writing dan Reading.

Test of English as a Foreign Language disingkat TOEFL adalah ujian kemampuan berbahasa Inggris (logat Amerika) yang diperlukan untuk mendaftar masuk ke kolese (college) atau universitas di Amerika Serikat atau negara-negara lain di dunia. Ujian ini sangat diperlukan bagi pendaftar atau pembicara yang bahasa ibunya bukan bahasa Inggris. Ujian TOEFL ini diselenggarakan oleh kantor ETS (Educational Testing Service) di Amerika Serikat untuk semua peserta tes di seluruh dunia.


Jenis tes bahasa Inggris TOEFL ini pada umumnya diperlukan untuk persyaratan masuk kuliah pada hampir semua universitas di Amerika Serikat dan Kanada baik untuk program undergraduate (S-1) maupun graduate (S-2 atau S-3). Hasil tes TOEFL ini juga dipakai sebagai bahan pertimbangan mengenai kemampuan bahasa Inggris dari calon mahasiswa yang mendaftar ke universitas di negara lain, termasuk universitas di Eropa dan Australia. Secara umum, tes TOEFL lebih berorientasi kepada American English, dan sedikit berbeda dengan jenis tes IELTS yang berorientasi kepada British English. Tidak seperti tes IELTS, tes TOEFL ini pada umumnya tidak mempunyai bagian individual interview test. Selain itu TOEFL pada dewasa ini sudah mulai digunakan dalam dunia kerja sebagai salah satu mekanisme rekruitment atau jenjang kenaikan pangkat.


Pada awalnya, TOEFL diperlukan bagi para pelajar di negara-negara yang bahasa utamanya bukan bahasa Inggris, tetapi ingin melanjutkan studi ke negara-negara yang bahasa resminya adalah bahasa Inggris, seperti Amerika Serikat, Kanada, dan negara-negara Eropa Barat. Ini diperlukan untuk memastikan bahwa siswa-siswa dari negara berbahasa non-bahasa Inggris tersebut dapat mengikuti perkuliahan di negara berbahasa Inggris dengan baik. Antara lain untuk :
•    Memastikan bahwa mahasiswa tersebut memahami uraian yang diberikan dosen dalam bahasa Inggris (listening skill).
•    Mahasiswa memahami buku-buku textbook yang diwajibkan (reading skill).
•    Mahasiswa mampu membuat tulisan ilmiah dengan tatabahasa yang benar (writing & grammar skill).
Untuk dapat diterima di negara-negara barat, calon mahasiswa haruslah memiliki TOEFL score minimal 500 (Eropa), bahkan untuk di Amerika Serikat, TOEFL score yang disyaratkan adalah 550. (Nilai maksimal TOEFL Paper Based Test adalah 677). Untuk Mengikuti Test Toefl ini, Anda membutuhkan beberapa materi toefl sebagai berikut :

1. Reading
Reading merupakan suatu kumpulan cerita yang mempunyai tema. Sesi ini biasanya terdiri dari 50 pertanyaan dengan waktu menjawab 55 menit. Strategi umum dalam mengerjakan soal membaca.
•    Jangan terlalu lama membaca soal Kita sebenarnya tidak harus terlalu mengerti jalan cerita soal tersebut untuk bisa menjawab pertanyaan tes TOEFL.
•    Jangan panik bila tidak mengetahui topik dari cerita Seluruh informasi untuk menjawab telah tersedia dalam cerita tersebut. Tidak dibutuhkan latar belakang pengetahuan untuk menjawab setiap cerita.
•    Jangan menggunakan waktu lama dalam menganalisa jawaban. Jika tidak yakin,tebaklah atau kembali ke pertanyaan setelah seluruh pertanyaan selesai.
2. Listening Comprehension
Listening Comprehension merupakan bagian pertama dari materi tes TOEFL.
Bagian ini terdiri dari 50 pertanyaan yang dalam lembar jawabannya hanya tersedia pilihan jawaban untuk masing-masing pertanyaan.
Bagian listening ini terdiri dari mendengarkan 3 jenis percakapan yaitu :
•    Percakapan pendek, percakapan panjang, dan cerita panjang.
•    Percakapan pendek : biasanya terdiri dari 2 baris dan dialog antara 2 pembicara. Terdapat 30 pertanyaan dengan 30 jawaban untuk jenis soal percakapan ini.
•    Percakapan panjang : terdiri dari beberapa percakapan antar 2 orang yang akan dipergunakan untuk menjawab pertanyaan. Jumlah pertanyaan untuk setiap percakapan kurang lebih 4 pertanyaan.
Tips penting :
Jika punya waktu, lihat jawaban-jawaban yang tersedia sebelum percakapan dimulai.
•    Cerita panjang: Pada bagian ini, Anda akan mendengarkan seseorang bercerita tentang beberapa permasalahan baik itu di kampus atau kehidupan sehari-hari.
3. Struktur dan Written Expression
Jenis pertanyaan struktur merupakan pertanyaan dengan pilihan berganda dimana diperlukan pengetahuan tentang grammar. Dengan Grammar anda pasti berpikir ini sulit untuk dipahami tapi tenang saja dengan mengikuti tips dibawah ini, Anda akan mudah mengerjakan soal-soal tersebut.
Beberapa Tipsnya :
•    Pelajari Kalimatnya : Untuk menganalisa jenis jawaban apa yang dibutuhkan untuk melengkapi kalimat.
•    Pelajari setiap jawaban dalam melengkapi kalimat: Buang jawaban yang menurut anda tidak benar dalam melengkapi kalimat.
•    Jika menganalisa jawaban, jangan membuang jawaban yang salah tanpa mencocokkan dengan kalimat : Jawaban yang salah secara umum dapat merupakan kalimat yang benar bila berdiri sendiri. Jawaban yang salah secara umum akan salah bila dipergunakan dalam melengkapi suatu kalimat.
Written Expression merupakan soal yang membutuhkan pengetahuan anda terhadap kalimat yang terdapat dalam soal. Prosedur umum mengerjakan pertanyaan bentuk written expression adalah dengan melihat kata yang digaris bawahi (memilih secara langsung yang menurut kita kata tersebut salah), Jika tidak dapat memilih, maka bacalah secara komplit kalimat dalam soal.


PERLUASAN PENGGUNAAN TOEFL
Seiring perkembangan zaman, bahkan negara-negara yang bahasa ibunya bukan bahasa Inggris, seperti Jepang, Korea, India, Malaysia, Indonesia, dll mensyaratkan TOEFL Score tertentu bagi calon mahasiswanya, baik yang datang dari dalam negeri, apalagi jika berasal dari luar negeri. Di Indonesia, TOEFL bahkan digunakan juga untuk :
•    Persyaratan bagi penerimaan karyawan baru di instansi pemerintah, perusahaan pemerintah dan swasta.
•    Syarat penerimaan mahasiswa baru untuk jenjang S2 dan S3.
•    Syarat pengajuan beasiswa, baik dari pemerintah maupun swasta.
PERKEMBANGAN TOEFL
TOEFL sendiri sudah beberapa kali mengalami penyempurnaan oleh lembaga penyelenggaranya, ETS. Bentuk-bentuk TOEFL Test yang pernah diperkenalkan ke publik yaitu :
1.    TOEFL Paper Based Test Terdiri atas 3 section : Listening, Structure, Reading Maximum Score : 677 2.TOEFL
2.    Computer Based Test Terdiri dari 4 Section : Listening, Structure, Reading, Writing Maximum Score : 300 3.
3.    TOEFL Internet Based Test Terdiri dari 4 section : Listening, Reading, Writing, Speaking. Maximum score : 120.
Meskipun resminya, sejak TOEFL Internet Based Test diperkenalkan di seluruh dunia, maka jenis sebelumnya tidak berlaku lagi, tetapi kenyataannya sampai saat ini, TOEFL Paper Based Test masih digunakan secara luas di berbagai lembaga pendidikan tinggi maupun untuk rekrutmen karyawan di Indonesia, atau di negara-negara yang bukan berbahasa Inggris.

Biasanya tes ini memakan waktu sekitar tiga jam dan diselenggarakan dalam 4 bagian, yaitu bagian:
•    listening comprehension,
•    grammar structure and written expression,
•    reading comprehension, dan bagian
•    writing.


•    Tujuan Test TOEFL
TOEFL memiliki dua tujuan umum yaitu: Academic dan General.
1.    Tujuan akademik TOEFL adalah untuk tujuan pendidikan, penelitian atau yang berhubungan dengan kegiatan akademis di luar negeri, ataupun di Indonesia. Untuk paska sarjana, biasanya nilai minimal adalah 550 sedangkan untuk S1 adalah 500.
2.    Tujuan umum (general) pada umumnya digunakan dalam bidang pekerjaan, kenaikan pangkat atau tugas kerja. Banyak perusahaan yang memasang standar bahasa inggris karyawannya dengan melihat nilai TOEFL. Umumnya, nilai TOEFL minimal adalah 500 untuk kenaikan pangkat standar.
SUMBER :
http://belajar-toefl-online.blogspot.com/2012/12/pengertian-toefl-dan-tujuan-test-toefl.html
http://id.wikipedia.org/wiki/TOEFL
http://studentnationaleducation.blogspot.com/2012/11/penjelasan-tentang-toefl-materi-toefl.html

Pengertian Tes TOEIC

Tes TOEIC (Test of English for International Communication) adalah tes keahlian berbahasa Inggris untuk orang-orang yang bahasaibunya bukan Bahasa Ingris. Tes TOEIC dapat mengukur kemampuan berbahasa Inggris untuk individu yang bekerja di lingkungan internasional dalam kesehariannya. Nilai-nilainya menunjukkan seberapa baik seseorang dapat berkomunikasi dalam Bahasa Inggris dengan individu lainnya dalam berbisnis, perdagangan dan industri. Ts ini tidak memerlukan pengetahuan khusus atau istilah yang tidak umum ang digunakan orang dalam aktivitasnya sehari-hari.

Teori TOEIC

TOEIC (Test of English for International Communication) adalah tes kemahiran Bahasa Inggris bagi orang-orang yang bahasa aslinya bukan Bahasa Inggris. Skor tes TOEIC menunjukkan seberapa baik orang dapat berkomunikasi dalam Bahasa Inggris dengan orang lain pada lingkungan kerja global. Tes tersebut tidak memerlukan pengetahuan atau kosakata khusus, tes ini hanya mengukur jenis bahasa Inggris yang dipakai dalam aktivitas sehari-hari.

Tes TOEIC adalah tes kemahiran berbahasa Inggris yang terkemuka di dunia pada konteks lingkungan kerja global. Lebih dari 4.000 perusahaan di seluruh dunia memakai tes TOEIC, dan lebih dari 2 juta orang mendaftar guna mengambil tes ini setiap tahun.

Format Tes TOEIC
Tes TOEIC adalah tes pilihan ganda, yang terdiri dari 200 pertanyaan yang dibagi ke dalam dua bagian waktu terpisah selama dua jam.

Bagian – Bagian Soal Tes TOEIC

1.Pemahaman Mendengar (listening)
Bagian ini terdiri dari 100 pertanyaan dan dibagi ke dalam empat bagian. Peserta tes mendengar rekaman tentang pernyataan, pertanyaan, percakapan pendek, dan penjelasan singkat, kemudian menjawab pertanyaan-pertanyaan berdasarkan pada segmen-segmen mendengar. Keseluruhan Bagian Pemahaman Pendengaran membutuhkan kira-kira 45 menit. Di bagian ini terbagi empat part yaitu part satu Photographs yang terdiri dari dua puluh soal dengan empat jawaban pilihan. Part kedua yaitu Questions and Response terdiri dari tiga puluh soal dan tiga pilihan jawaban. Part tiga yaitu Short Conversations terdiri dari tiga puluh soal dan empat pilihan jawaban, dan part empat Short Talks terdiri dari dua puluh soal dan empat pilihan jawaban.

2.Bacaan (Reading)
Bagian bacaan terdiri dari 100 pertanyaan yang disajikan dalam format tertulis pada buku tes. Peserta membaca berbagai macam bahan dan menjawab pertanyaan-pertanyaan berdasarkan kecepatan mereka sendiri yang sesuai dengan bahan bacaan itu sendiri. Keseluruhan bagian bacaan memerlukan 75 menit. Bagian ini terdiri dari 3 bagian, lanjutan dari bagian pemahaman mendengar. Part lima Incomplete Sentences terdiri dari 40 soal dan empat pilihan jawaban. Part enam yaitu Error Recognition terdiri dari dua puluh soal dan empat pilihan jawaban. Part tujuh yaitu Reading Comprehension terdiri dari empat puluh soal dan empat pilihan jawaban.
Peserta menjawab pertanyaan dengan menandai salah satu dari huruf (A), (B), (C), (D) dengan pensil pada lembah jawaban yang terpisah. Meskipun waktu testing yang sebenarnya adalah kira-kira dua jam waktu tambahan yang diperlukan peserta guna menyelesaikan pertanyaan biografi pada lembar jawaban dan merespon questionnaire singkat tentang pendidikan dan sejarah kerja mereka.

3.Isi Tes TOEIC
Tes TOEIC dirancang untuk memenuhi kebutuhan dunia kerja. Pertanyaan-pertanyaan tes dikembangkan dari contoh-contoh bahasa lisan dan tertulis yang dikumpulkan dari berbagai negara di seluruh dunia, di mana Bahasa Inggris dipakai di tempat kerja. Pertanyaan-pertanyaan tes berisikan banyak suasana dan situasi yang berbeda, seperti General business (kontrak, perundingan, pemasaran, penjualan, perencanaan bisnis, konferensi), Manufacturing (manajemen pabrik, lini perakitan, pengendalian kualitas), Finance and budgeting (perbankan, penanaman modal, perpajakan, akunting, penagihan), Corporate development (penelitian, pengembangan produk.) Offices (papan pertemuan, surat-menyurat, memo, telefon, faks, dan pesan-pesan e-mail, peralatan dan perabotan kantor, prosedur perkantoran), Personnel (penerimaan, mempekerjakan, pensiun, gaji, promosi, lamaran kerja, periklanan), Purchasing (pembelanjaan, pemesanan, pengiriman, pembatalan), Technical areas (elektronik, teknologi, spesifikasi, pembeliaan dan penyewaan, layanan listrik dan gas), Travel (kereta api, pesawat terbang, taksi, bus, kapal, feri, tiket, jadwal, pengumuman stasiun dan lapangan terbang, penyewaan mobil, hotel, reservasi, keterlambatan dan penundaan), Dining out (makan siang bisnis dan informal, resepsi, reservasi restoran). Entertainment (bioskop, theater, musik, seni, media), Health (asuransi kesehatan, mengunjungi dokter, dokter gigi, klinik, rumah sakit).

Meskipun bahasa dari suasana-suasana di atas mengetengahkan konteks pertanyaan-pertanyaan ujian, peserta tidak diharuskan mengetahui kosakata bisnis dan teknik khusus. Test TOEIC cocok digunakan di semua lingkungan, di mana Bahasa Inggris digunakan oleh penutur asli dari bahasa-bahasa lain.
SUMBER :
http://ester-myblog.blogspot.com/2011/04/toefl-dan-toeic.html

TEFL adalah singkatan Pengajaran Bahasa Inggris sebagai Bahasa Asing. Jadi, gelar TEFL memenuhi syarat pemegang untuk mengajar Bahasa Inggris kepada siswa yang bahasa Inggris adalah bahasa (atau ketiga, atau keempat …) kedua. Banyak lembaga dan organisasi menawarkan gelar TEFL, meskipun beberapa program yang lebih diterima oleh majikan dari yang lain.


Tujuan
Gelar TEFL tidak diperlukan untuk mengajar bahasa Inggris sebagai bahasa kedua, namun banyak perusahaan lebih suka itu. Umumnya, mahasiswa memperoleh gelar TEFL melalui kursus TEFL, yang bisa berlangsung satu hari atau sampai satu tahun tergantung program yang dipilih. Setelah kesimpulan dari kursus, siswa akan memenuhi syarat untuk mengajar Bahasa Inggris untuk orang dewasa sendiri, tanpa perlu ‘tim-mengajar’ atau siswa-mengajar.


Job Outlook
Tidak setiap perusahaan membutuhkan potensi berbahasa Inggris guru untuk memiliki gelar TEFL, tapi kebanyakan lebih suka itu. Gelar TEFL ditambah, dalam banyak kasus, gelar universitas adalah kualifikasi standar untuk banyak bahasa Inggris-mengajar pekerjaan di luar negeri. Permintaan untuk guru dengan gelar TEFL juga berkembang di Amerika Serikat, Biro Statistik Tenaga Kerja mencatat bahwa prospek pekerjaan yang menguntungkan bagi para guru TEFL karena peningkatan jumlah imigran dari negara-negara lain dan bahwa kesempatan kerja bagi guru TEFL diharapkan untuk tumbuh lebih cepat daripada rata-rata.


Manfaat
Siswa dengan gelar atau sertifikasi TEFL yang memenuhi syarat untuk sejumlah besar pekerjaan dibandingkan dengan hanya gelar universitas. Dalam beberapa kasus, mereka juga memenuhi syarat untuk tingkat yang lebih tinggi membayar. Reputasi program sertifikasi TEFL juga termasuk setidaknya enam jam tatap muka waktu mengajar dengan real berbahasa Inggris siswa diamati oleh para profesional terlatih TEFL, sehingga siswa yang baru untuk mengajar sama sekali dapat mengambil manfaat dari umpan balik dan pengalaman yang diperoleh dari sesi ini.


Peringatan
Banyak program gelar TEFL mengklaim sebagai yang diakui secara internasional, tetapi tidak. Umumnya, pro

 gram yang dikelola sepenuhnya online atau menyertakan kurang dari 100 jam waktu instruksi yang tidak diterima secara universal oleh majikan. Siswa juga harus waspada terhadap program yang tidak menawarkan bantuan setelah kursus dalam mencari penempatan mengajar, karena bantuan ini merupakan standar dalam kursus TEFL paling.


SUMBER:
http://kutubuku.web.id/1290/apakah-gelar-tefl-itu

0 komentar: